CARA MENGATASI SUARA BERISIK VARIO TECHO 125
Bicara soal skutik yang paling modis soal model
dan sarat dengan teknologi baru, pasti semua setuju menjawab Honda Vario 125
PGM-FI. Ya, skutik keluaran pabrikan sayap mengepak ini memang memiliki model
yang cantik, lebih cantik dari pacar ane... hehehehe... (bercanda kali..). Dari
teknologi juga termasuk canggih dan baru. Sebagai contohnya adalah adanya
tombol pembuka jok yang terdapat di dashboard depan, cukup unik dan kreatif
menurut saya. Canggihnya lagi suara starter elektriknya yang sangat halus, nyaris
tidak terdengar, tiba - tiba mesin hidup... Wow... Jadi ngidam deh punya ni
skutik, apalagi setelah liat dan mencoba Vario 125 PGM-FI punya temen
ane...xixixi..
Honda Vario 125 PGM-FI |
And... yang jadi masalah, kalau ane
perhatikan ketika blog walking di dunia maya terutama mengunjungi blog - blog
otomotif banyak beredar kabar masalah suara berisik seperti suara ngorok yang
timbul pada Vario 125 PGM-FI. Kalau ane sendiri gak begitu merhatikan sih waktu
nyoba punya temen. Tapi ane penasaran sama kabar ini, dan setelah ane
mencari - cari dan mencarinya lagi, ketemu deh jawabannya di webnya bang iwanbanaran yang juga dapat dari forum WeloveHonda.
Dijelaskan bahwa suara ngorok yang timbul pada Honda Vario
125 PGM-FI berasal dari 3 komponen yang saling berhubungan di dalam mesin,
yaitu bearing, crankshaft dan crankcase. Dan melalui sumber pula
dijelaskan cara mengatasinya. Namun yang sangat disayangkan adalah, bahwa yang
masih dapat diatasi adalah bila Vario 125 PGM-FI anda masih di bawah jarak
tempuh 100km. I dont know...@.@a
Dan Cara Mengatasi Masalah Suara Berisik / Ngorokpada Vario 125 PGM-FI yang ane dapat dari sumber adalah sebagai berikut
:
1. Bongkar bagian Drive Pully.
penampakan drive pulley |
2. Menggunakan case puller, Dorong as crankshaft ke arah
radiator sekitar 1mm.
case puller untuk mendorong crankshaft |
3. Setelah selesai, rakit kembali deh drive pully-nya.
Ingat cara di atas masih bisa digunakan pada Vario 125
PGM-FI yang masih berjarak tempuh kurang dari 100km. Karena jika lebih dari itu
atau bahkan lebih dari 500km, jarak antara clearance crankshaft dengan
crankcase-nya sudah terlalu lebar. Dengan ini anda disarankan melakukan klaim
C2, yang kemudian akan diganti bagian crankcase sebelah kanan.
Selain cara di atas, anda
dapat mengurangi suara berisik atau ngorok dengan cara yang relatif sangatlah
mudah dan simpel, yaitu dengan mengganti kipas radiator standar
milik Honda Vario 125 PGM-FI dengan kipas radiator Honda Vario keluaran pertama
atau Vario Techno seharga Rp 12.000,-. Pilihan lain adalah bisa menggunakan Kipas milik Honda PCX 125.
perbedaan kipas Vario 125 dan PCX |
Comments
Post a Comment