CARA MENGATASI SUARA BERISIK VARIO TECHO 125

Bicara soal skutik yang paling modis soal model dan sarat dengan teknologi baru, pasti semua setuju menjawab Honda Vario 125 PGM-FI. Ya, skutik keluaran pabrikan sayap mengepak ini memang memiliki model yang cantik, lebih cantik dari pacar ane... hehehehe... (bercanda kali..). Dari teknologi juga termasuk canggih dan baru. Sebagai contohnya adalah adanya tombol pembuka jok yang terdapat di dashboard depan, cukup unik dan kreatif menurut saya. Canggihnya lagi suara starter elektriknya yang sangat halus,  nyaris tidak terdengar, tiba - tiba mesin hidup... Wow... Jadi ngidam deh punya ni skutik, apalagi setelah liat dan mencoba Vario 125 PGM-FI punya temen ane...xixixi..

Honda Vario 125 PGM-FI
And... yang jadi masalah, kalau ane perhatikan ketika blog walking di dunia maya terutama mengunjungi blog - blog otomotif banyak beredar kabar masalah suara berisik seperti suara ngorok yang timbul pada Vario 125 PGM-FI. Kalau ane sendiri gak begitu merhatikan sih waktu nyoba punya temen. Tapi ane penasaran  sama kabar ini, dan setelah ane mencari - cari dan mencarinya lagi, ketemu deh jawabannya di webnya bang iwanbanaran yang juga dapat dari forum WeloveHonda.
Dijelaskan bahwa suara ngorok yang timbul pada Honda Vario 125 PGM-FI berasal dari 3 komponen yang saling berhubungan di dalam mesin, yaitu bearing, crankshaft dan crankcase. Dan melalui sumber pula dijelaskan cara mengatasinya. Namun yang sangat disayangkan adalah, bahwa yang masih dapat diatasi adalah bila Vario 125 PGM-FI anda masih di bawah jarak tempuh 100km. I dont know...@.@a
Dan Cara Mengatasi Masalah Suara Berisik / Ngorokpada Vario 125 PGM-FI yang ane dapat dari sumber adalah sebagai berikut :
1. Bongkar bagian Drive Pully.
penampakan drive pulley
2. Menggunakan case puller, Dorong as crankshaft ke arah radiator sekitar 1mm.
case puller untuk mendorong crankshaft
3. Setelah selesai, rakit kembali deh drive pully-nya.
Ingat cara di atas masih bisa digunakan pada Vario 125 PGM-FI yang masih berjarak tempuh kurang dari 100km. Karena jika lebih dari itu atau bahkan lebih dari 500km, jarak antara clearance crankshaft dengan crankcase-nya sudah terlalu lebar. Dengan ini anda disarankan melakukan klaim C2, yang kemudian akan diganti bagian crankcase sebelah kanan.
Selain cara di atas, anda dapat mengurangi suara berisik atau ngorok dengan cara yang relatif sangatlah mudah dan simpel, yaitu dengan mengganti kipas radiator standar milik Honda Vario 125 PGM-FI dengan kipas radiator Honda Vario keluaran pertama atau Vario Techno seharga Rp 12.000,-. Pilihan lain adalah bisa menggunakan Kipas milik Honda PCX 125.
perbedaan kipas Vario 125 dan PCX
Suara berisik atau ngorok yang timbul pada Honda Vario 125 PGM-FI sebenarnya tidak akan mengganggu kerja mesin secara mendasar. Namun suara tersebut pastinya dapat mengurangi kenikmatan berkendara menggunakan Vario 125 PGM-FI, kalau bagi anak muda seperti saya mungkin tidak masalah karena terbiasa dengan suara knalpot racing yang notabene bersuara berisik. Berbeda bagi bapak - bapak yang kebanyakan justru menyu

Comments

Popular Posts